MARYANA, MARYANA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. JURNAL MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI.
|
Text
COVER.pdf Download (349kB) |
||
|
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
ABSTRAK Maryana. 2019. “Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Kelompok B Di TK Islam Al-Muttaqin Kota Jambi”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I, Pembimbing 2 Kata Kunci: Kepercayaan Diri Anak, Kegiatan Bercerita Pada Anak Berdasarkan hasil pengamatan di TK Al-Muttaqin pada tanggal 11 Agustus 2018, dari 15 anak terdapat 7 anak kelompok B yaitu AS, AC, DE, FL, HA, KU dan MI, kepercayaan diri anak belum oktimal, terlihat anak sudah berani untuk tampil di depan teman-temannya namun belum sepenuhnya berani jika di suruh untuk tampil bercerita di depan kelas, ketika guru menyuruh salah satu anak untuk menceritakan pengalamanya di depan kelas. Berbagai kegiatan yang dianggap efektif berdasarkan hasil penelitian yang relevan seperti: kegiatan menari kreatif, role playing dengan teknik storytelling, bermain peran, dan kegiatan bercerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri anak kelompok B TK Al-Muttaqin Kota Jambi. Kepercayaan diri memiliki kemerdekaan psikologis, yang berarti kebebasan mengarahkan pikiran dan mencurahkan tenaga berdasarkan kemampuan dirinya, untuk melakukan hal-hal yang bersifat produktif, menyukai pengalaman baru, suka menghadapi tantangan, pekerjaan yang efektif, bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan. Bercerita merupakan aktivitas menuturkan sesuatu yang mengasikan tentang perbuatan, pengalaman, atau kejadian yang sungguh-sungguh terjadi maupun hasil rekaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, pendekatan kolaboratif, sampel pada penelitian ini yaitu 15 anak. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil siklus I pertemuan I yang memiliki nilai tuntas sebanyak 7 anak (47%), anak yang tidak tuntas sebanyak 8 anak (53%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 8 anak (53%) dan anak yang tidak tuntas sebanyak 7 anak (47%), pada siklus II pertemuan I sebanyak 10 anak (67%), anak yang tidak tuntas sebanyak 5 anak (33%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 11 anak (73%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 anak (27%), pada siklus III pertemuan I sebanyak 12 anak (80%), anak yang tidak tuntas sebanyak 3 anak (20%). Pada pertemuan II anak yang tuntas sebanyak 14 anak (93%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 anak (7%). Dapat disimpulkan bahwa terdapat kegiatan bercerita dapat meningkatkan kepercayaan diri anak pada kelompok B di TK Islam Al Muttaqin Kota Jambi.
| Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Depositing User: | MARYANA |
| Date Deposited: | 01 Aug 2019 04:08 |
| Last Modified: | 01 Aug 2019 04:08 |
| URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/8837 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
