PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGASAW BERBASIS PENDEKATAN SAITIFIK PADA MATERI NILAI MUTLAK DI KELAS X SMKN 2 KUALA TUNGKAL

SUSANTI, HAMDIAH (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGASAW BERBASIS PENDEKATAN SAITIFIK PADA MATERI NILAI MUTLAK DI KELAS X SMKN 2 KUALA TUNGKAL. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
1. Cover.docx

Download (101kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.docx

Download (640kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Susanti, Hamdiah. 2018. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Nilai Mutlak di Kelas X SMKN 2 Kuala Tungkal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan PMIPA FKIP Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd, (II) Drs. Sufri, M.Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW, Pendekatan Saintifik. Kebanyakan siswa menghindari mata pelajaran matematika dibandingkan mata pelajaran lainnya, hal ini disebabkan karena materinya terdiri dari angka-angka dan rumus-rumus sehingga siswa kurang berminat dan hasil belajar rendah. Dalam mengajarkan matematika kepada siswa, hendaknya seorang guru dapat memilih suatu model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan serta harus melibatkan siswa secara aktif, supaya timbul motivasi siswa untuk belajar matematika. Oleh karena itu dapat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan JIGSAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas X SMKN 2 Kuala Tungkal menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan terhadap tiga kelas yang berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan post-test kepada tiga kelas sampel. Kelas sampel terdiri dari kelas eksperimen 1 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kelas eksperimen 2 diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data hasil post-test yang telah diperoleh dianalisis menggunakan uji-t satu arah. Rata-rata dan simpangan baku yang diperoleh kelas eksperimen I dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah 76,2 dan 11,9269 , kelas eksperimen II dengan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW adalah 75,0417 dan 12,2136 serta kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional adalah 63,0833 dan 14,1542. Dari analisis yang diperoleh dari hasil post-test dapat disimpulkan bahwa rata hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model konvensional, hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe JIGSAW lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model konvensional dan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe STAD tidak lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model JIGSAW.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: HAMDIAH SUSANTI
Date Deposited: 04 Oct 2019 06:43
Last Modified: 04 Oct 2019 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/9424

Actions (login required)

View Item View Item