IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 BERBASIS TEKS KELAS X SMAN TITIAN TERAS JAMBI

SUPARMAN, DESTIANA (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 BERBASIS TEKS KELAS X SMAN TITIAN TERAS JAMBI. JURNAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERPIKIR KRITIS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 BERBASIS TEKS KELAS X SMAN TITIAN TERAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8kB)

Abstract

ABSTRAK Suparman, Destiana. 2020. Implementasi Pembelajaran Berpikir Kritis Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Berbasis Teks Kelas X SMAN Titian Teras Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Rustam, S.Pd.,M.Hum (II) Dr.Dra. Irma Suryani, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, kurikulum 2013, pembelajaran Berpikir Kritis Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berpikir kritis bahasa Indonesia Kurikulum 2013 berbasis teks kelas X SMAN Titian Teras Jambi Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan melihat perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berpikir kritis bahasa Indonesia Kurikulum 2013 berbasis teks. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi RPP guru, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di kelas X MIPA 5 dan X MIPA 6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat membuat RPP pembelajaran bahasa Indonesia berpikir kritis secara keseluruhan dengan kriteria yang sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Pada kegiatan pendahuluan guru melaksanakan dengan baik, kegiatan inti pembelajaran berpikir kritis terlaksana tahapan pembelajaran berpikir kritis yaitu FRISCO dengan baik dan evaluasi pembelajaran berpikir kritis menggunakan penilaian pengetahuan dan keterampilan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran berpikir kritis bahasa Indonesia Kurikulum 2013 berbasis teks kelas X SMAN Titian Teras Jambi sudah terlaksana sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Pelaksanaan pembelajaran berpikir kritis sudah terlaksana secara keseluruhan dan evaluasi yang dilakukan oleh guru menggunakan penilaian pengetahuan dan keterampilan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESTIANA SUPARMAN
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:19
Last Modified: 11 Feb 2020 03:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item