ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SMP

Rahayu, Wulan Permata (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SMP. ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SPLDV BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP ALJABAR SMP. (Submitted)

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (662kB)
[img] Text
5. BAB V.pdf

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Muara Bungo dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV berdasarkan Prosedur Newman ditinjau dari pemahaman konsep aljabar dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian diambil 4 siswa dari 26 siswa kelas IX.2 SMP Negeri 1 Muara Bungo. Setiap hasil pekerjaan subjek penelitian dianalisis untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan menggunakan metode analisis kesalahan Prosedur Newman, kemudian dilakukan wawancara untuk mendeskripsikan faktor-faktor dari dalam diri siswa penyebab melakukan kesalahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis-jenis kesalahan yang muncul saat siswa menyelesaikan soal cerita materi SPLDV adalah: (1) kesalahan memahami soal, yang meliputi tidak lengkap menuliskan hal yang diketahui dalam soal, menuliskan diketahui tidak sesuai dalam soal, dan menuliskan apa yang ditanyakan tetapi tidak sesuai dengan permintaan soal. (2) kesalahan transformasi, yang meliputi tidak menuliskan metode yang akan digunakan, dan tidak lengkap menuliskan metode yang digunakan. (3) kesalahan keterampilan proses, yang meliputi kesalahan yang dilakukan sebelumnya, kesalahan dalam perhitungan, dan melakukan kesalahan konsep. (4) kesalahan menuliskan jawaban akhir, yang meliputi kesalahan yang dilakukan sebelumnya, menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dalam soal dan tidak menuliskan satuan yang sesuai. Faktor-faktor dari dalam diri siswa penyebab kesalahan siswa adalah tidak memiliki kemampuan menuliskan hal yang diketahui dan ditanyai dalam soal dengan tepat, tidak terbiasa menuliskan pemisalan dan keterangan, kurang berlatih soal-soal cerita dengan materi SPLDV, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, konsetrasi yang tidak fokus, tidak memiliki kemampuan untuk memilih metode penyelesaian yang benar, tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, tidak paham dengan perhitungan yang digunakan, tidak menggunakan satuan sesuai soal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: WULAN PERMATA RAHAYU
Date Deposited: 12 Feb 2020 02:10
Last Modified: 12 Feb 2020 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10394

Actions (login required)

View Item View Item