Nurjulaiha, Sinta (2020) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS II SMA N 7 KOTA JAMBI. JURNAL PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI SISWA PADA PELAJARAN PPKn KELAS XI IPS II SMA N 7 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
Abstract
ABSTRAK Nurjulaiha, Sinta, 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Pelajaran PPKn Kelas XI IPS II SMA N 7 Kota Jambi. Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M.Si (II) Dona Sariani, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Keterampilan, Berfikir Tingkat Tinggi. Berdasarkan data yang di peroleh peneliti di SMA N 7 Kota Jambi keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS II masih terbilang rendah karena terlihat dari data Presentasi hasil nilai UTS siswa kelas XI IPS II bahwa siswa yang mencapai nilai KKM 75 yaitu hanya 13 orang siswa yang tuntas dari 28 orang siswa dan jika di presentasikan hanya 46%. Sedangkan siswa yang belum tuntas yaitu sebanyak 15 orang siswa dari 28 siswa dan jika di presentasikan sebanyak 54% orang siswa yang belum tuntas atau mencapai target dari nilai KKM 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa pada pelajaran PPKn Kelas XI IPS II SMA N 7 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari 3 (tiga) siklus atau 6 (enam) kali pertemuan dengan penelitian model spiral Kemmis & Taggart. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA N 7 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI IPS II. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis desktiptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran problem based learning (PBL) pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan keterampilan berfikir tingkat tinggi. Siswa dengan presentasi kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yaitu 75. Kreterian keberhasilan penelitian ini yaitu 75 dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I keterampilan berfikir siswa mencapai rata-rata 62 (cukup berfikir tingkat tinggi), sedangkan siklus II keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa mengalami peningkatan mencapai rata-rata 69 (berfikir tingkat tinggi) , meski pada siklus II sudah masuk kategori berfikir tingkat tinggi tetapi masih blm mencapai KKM yaitu 75. Dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan serta sudah mencapai nilai yang di harapakan, pada siklus ini skor berfikir tingkat tinggi siswa mencapai ketuntasan yaitu 75 (berfikir tingkat tinggi). Berdasarkan penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah penerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA N 7 Kota Jambi dapat meningkatkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa kelas XI IPS II pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) setelah di terapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SINTA NURJULAIHA |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10730 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |