STRATEGI GURU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

JASUMA, FERDIANSYAH (2020) STRATEGI GURU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)

Abstract

ABSTRAK Jasuma, Ferdiansyah . 2020. Strategi Guru Dalam Menangani Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. H. Syahrial, M.Ed., Ph.D, dan (II) Dr. Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan belajar matematika, Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri 182/I Hutan Lindung, Tahun Pelajaran 2019-2020, dan strategi guru dalam menangani kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 182/I Hutan Lindung pada Januari-Maret 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan pengamatan langsung pada proses pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 182/I Hutan Lindung dan wawancara dengan guru dan siswa (sebagai data penunjang). Setelah data diperoleh, data dianalisis secara kualitatif dengan analsisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa berupa kesulitan melakukan operasi hitung matematika, kesulitan memahami simbol-simbol matematika, kesulitan memahami nilai-nilai tempat matematika, dan kesulitan dalam membaca tulisan sendiri. Strategi pembelajaran yang diberikan oleh guru dalam menangani siswanya yang berkesulitan belajar matematika antara lain. Mendatangi langsung siswanya yang berkesulitan belajar matematika di meja belajarnya, memberikan penguatan, menghapal perkalian, memberikan latihan yang cukup dan berulang, dan menggunakan akat peraga atau media manipulatif. Dari hasil penelitian disarankan agar guru lebih memperhatikan kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswanya, hendaknya guru memberikan pembelajaran remidial kepada siswanya yang berkesulitan belajar matematika, dan untuk siswanya yang masih kesulitan dalam membaca tulisan sendiri guru perlu memberikan latihan menulis agar tulisan siswanya bisa lebih rapi dan mudah terbaca. Siswa juga perlu memperbanyak latihan agar kesulitan belajar matematika yang dialami bisa diminimalisir.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ferdiansyah Jasuma
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:57
Last Modified: 20 Jul 2020 02:57
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12848

Actions (login required)

View Item View Item