PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 12 MUARO JAMBI

MUZAIRON, AGUS (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 12 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Muzairon, A. 2019. “Pengaruh Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap hasil Belajar Ekonomi pada Siswa SMA Negeri 12 Muaro Jambi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Dra. Hj. Farida Kohar, MP, Pembimbing II Siti Syuhada, S.Pd, ME Kata Kunci: Metode Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Ekonomi Ketika proses pembelajaran Ekonomi masih banyak siswa yang mengalami masalah hingga berdampak pada hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Hal ini ditandai saat belajar siswa sibuk dengan urusan sendiri diluar konteks pembelajaran saat pembelajaran di kelas, mengganggu teman, siswa hanya mendengar dan mencatat dan siswa tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang kurang menyenangkan dan guru terlalu sering menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here pada matapelajaran Ekonomi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Muaro Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penilaian menggunakan lembar observasi awal selama proses pembelajaran dan memberikan tes kepada siswa yang sebelumnya diberikan perlakuan terlebih dahulu menggunakan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher Here. Setelah dilakukan tes, hasil penghitungan dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Berdasarkan pedoman kategori tafsiran efektivitas N-Gain dan berdasarkan tabel output hasil perhitungan gruop statistc diatas, diketahui nilai rata-rata (Mean) Ngain_persen untuk kelas eksperimen adalah sebesar 66,7466 atau jika dibulatkan 66,8%. Berdasarkan kategori tafsiran efektivitas nilai N-Gain (%) diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran everyone is a teacher here (pada kelas eksperimen) cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa pada kelas XI SMA Negeri 12 Muaro Jambi tahun pelajaran 2019. Selanjutnya, diketahui nilai rata-rata (mean) Ngain_persen untuk kelas kontrol adalah sebesar 44,2990 atau jika dibulatkan menjadi 44,3%. Sehingga berdasarkan tabel kategori tafsiran efektivitas nilai N-Gain (%) diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode konvensional (pada kelas kontrol) kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 12 Muaro Jambi tahun pelajaran 2019. Dengan demikian, secara deskriptif (melalui penafsiran tabel output group statistic) maka dapat dikatakan bahwa ada perbedaan evektifitas metode everyone is a teacher here dengan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AGUS MUZAIRON
Date Deposited: 20 Jul 2020 06:19
Last Modified: 20 Jul 2020 06:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item