KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN PENGARUH PEMBELAJARAN JURNALISME SASTRA TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 TANJUNG JABUNG TIMUR

HASTUTI, DWI NOVIA (2020) KEMAMPUAN MENULIS BERITA DENGAN PENGARUH PEMBELAJARAN JURNALISME SASTRA TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 17 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)

Abstract

ABSTRAK Novia, Dwi Hastuti. 2020. Kemampuan Menulis Berita dengan Pengaruh Pembelajaran Jurnalisme Sastra Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., (II) Dr. Kamaruddin, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Jurnalistik Sastra, Menulis Berita. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh pembelajaran jurnalisme sas- tra terhadap kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur berdasarkan kelengkapan aturan-aturan jurnalisme, kelengkapan struktur, kelengkapan aspek formal, dan unsur-unsur berita. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur pada bulan Februari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Tan- jung Jabung Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas ek- sperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling. Kemampuan menulis berita siswa kelas eksperimen (kelas VIII A) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol (kelas VIII B). Tinjauan ini didasarkan pada rata-rata skor kemampuan menulis berita, kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 81,4 dengan standar deviasi 14,20. Berbeda dengan kemampuan menulis berita kelas kontrol yang memperoleh rata-rata sebesar 70,92 dengan standar deviasi 11,85. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 21, maka diperoleh signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bawa Ha diterima atau ada perbedaan signifikan rata-rata hasil belajar siswa antara yang diberi perlakuan jurnalisme sastra dengan yang tidak diberi perlakuan dalam menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur. Berdasarkan hasil penelitian maka saran peneliti adalah siswa perlu dilatih secara terus menerus dan berkesinambungan untuk menulis berita dengan diterapkannya pembelajaran yang lebih aktif dan menyenangkan, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran jurnalisme sastra.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd., Pembimbing:(II) Dr. Kamaruddin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Jurnalistik Sastra, Menulis Berita.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI NOVIA HASTUTI
Date Deposited: 03 Aug 2020 04:01
Last Modified: 03 Aug 2020 04:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item