EFEKTIVITAS PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 3 KOTA JAMBI

Yanto, Jelpapo Putra and Ernawati, M Dwi Wiwik and epinur, epinur (2020) EFEKTIVITAS PEMBERIAN SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (67kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (183kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (80kB)

Abstract

Dalam pembelajaran dibutuhkan model yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning. Namun model ini juga memiliki kelemahan yang harus diantisipasi oleh guru. Memasukkan unsur scaffolding ke dalam sintaks PBL sangatlah dibutuhkan untuk mengantisipasi kelemahan metode pembelajaran ini Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besarkah efektivitas model pembelajaran PBL dengan bantuan scaffolding dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangaa di SMAN 3 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tipe quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan undian, dan terpilih kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa tes esai, lembar observasi berpikir kreatif, angket penilain diri, serta lembar observasi penerapan model oleh guru. Teknik analisa data menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji t maka dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terlebih dahulu untuk mengetahui bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui bahwa data homogen dengan Fhitung < Ftabel. Setelah itu diperoleh hasil perhitungan uji “t” yaitu hasil perhitungan uji “t” tes esai diperoleh 3,726, dan hasil uji “t” tes lembar observasi diperoleh 2,270, dan hasil uji “t” angket diperoleh 1,665. Nilai tersebut kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel = 1,667, sehingga diketahui untuk tese esai dan lembar observasi thitung > ttabel, sedangkan diketahui untuk angket thitung < ttabel . Dengan demikian Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa scaffolding dapat diberikan dalam bentuk bimbingan, pengarahan, penguatan dan motivasi. Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dengan scaffolding lebih efektif daripada model PBL biasa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA SMAN 3 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: JELPAPO PUTRA YANTO
Date Deposited: 10 Aug 2020 02:21
Last Modified: 10 Aug 2020 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item