BADRUZAMAN, M. ALJAZIRI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN SOAL TERBUKA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA DI SMAN 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (113kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (601kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (83kB) |
Abstract
Badruzaman, M. A. 2020. Pengaruh Penggunaan Soal Terbuka pada Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA di SMAN 1 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing I: Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si., Pembimbing Skripsi II: Drs. Epinur, M.Si. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Soal Terbuka, Kemampuan Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga Kurikulum 2013 bertujuan untuk melatih siswa, salah satunya kompetensi berpikir kreatif. Model pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model Problem Based Learning (PBL). Selain itu, penggunaan soal terbuka dapat digunakan untuk melatih dan membantu guru mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan soal terbuka pada pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan bentuk Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes esai, angket penilaian diri berpikir kreatif, lembar observasi kegiatan guru dan siswa pada penerapan model dan lembar observasi berpikir kreatif siswa. Untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji t pada data hasil tes esai, lembar observasi berpikir kreatif dan angket berpikir kratif. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji Liliefors diketahui bahwa data berdistribusi normal dengan Lhitung < Ltabel, serta pengolahan data dengan uji Fisher diketahui data homogen dengan Fhitung < Ftabel. Hasil uji t dengan taraf nyata α = 5% yang diperoleh pada data hasil tes esai yaitu thitung = 2,4788 > ttabel = 1,6676, data hasil lembar observasi berpikir kreatif siswa yaitu thitung = 1,6692 > ttabel = 1,6676, dan data hasil angket penilaian diri berpikir kreatif yaitu thitung = 1,6975 > ttabel = 1,6676. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan soal terbuka pada pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA di SMAN 1 Muaro Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | M. ALJAZIRI BADRUZAMAN |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 03:25 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 03:25 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |