ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REDOKS

PUTRI, MELLYCHA LIANI (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Numbered Heads Together (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REDOKS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER UPLOAD repositori.pdf

Download (70kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN UPLOAD REPOSITORY.pdf

Download (456kB)
[img] Text
DAFTAR ISI UPLOAD REPOSITORY.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB 1 upload mellycha.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB 5 upload mellycha.pdf

Download (94kB)

Abstract

Mata pelajaran kimia mengkaji segala sesuatu tentang zat yang meliputi komposisi, struktur, sifat, perubahan, dinamika dan enegitika zat yang melibatkan keterampilan maupun penalaran dengan mempelajari gejala alam melalui proses dan sikap ilmiah (Ardillah dan Novita,2015). Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together Terhadap kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Redoks. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian kemampuan berpikir kritis siswa pada ranah afektif dan psikomotor serta tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat pengaruh penggunaan model Numbered Heads Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji paired sample t-tes. Persentase kemampuan Berpikir Kritis siswa pada ranah afektif sebesar 66,44% dengan kategori baik dan persentase kemampuan Berpikir Kritis siswa pada ranah psikomotor sebesar 63,78% dengan kategori baik serta kemampuan komunikasi tulisan siswa sebesar 75,87%. Pengaruh penggunaan model Numbered Heads Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh thitung sebesar -31,147 dan ttabel sebesar 2,031. Karena -2,031>-31,147 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Heads Together terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Redoks berjalan dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: MELLYCHA LIANI PUTRI
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:28
Last Modified: 26 Aug 2020 02:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item