Della, Fania Devika and Naswir, Muhammad and Rusdi, muhammad (2020) Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Larutan Penyangga dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover .pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan_1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (312kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (196kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan model Problem Based Learning pada materi larutan penyangga dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa serta untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa di kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar observasi pelaksanaan model oleh guru dan siswa, lembar observasi keterampilan proses sains dan tes essay. Teknik analisa data kuantitatif menggunakan uji korelasi product moment dan uji-t Pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning oleh siswa sebesar 67,43% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 68,84% dengan kategori baik. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan keterampilan proses sains siswa diperoleh rxy = 0,80 dengan tingkat hubungan sangat kuat pada hasil belajar kognitif diperoleh rxy = 0,50. Uji signifikansi keterampilan proses sains dilakukan dengan uji-t dan diperoleh thitung > ttabel (7,99 > 2,03) dengan dk = 36 dan taraf nyata α = 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (3,84 > 2,03) dengan dk = 36 dan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning berjalan dengan baik, hasil belajar kognitif siswa berkategori baik dengan ketuntasan 94,4 %, terdapat pengaruh terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Kota Jambi .
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | FANIA DEVIKA DELLA |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:37 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |