ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIA SMAN 11 KOTA JAMBI

Simamora, Jonadi S (2020) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS XI MIA SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
0. Cover.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (793kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Simamora, Jonadi S. 2020. Analisis Kemandirian Belajar pada Pembelajaran Fisika di Kelas XI MIA SMAN 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing(I) Haerul Pathoni, Pembimbing (II) Rahma Dani. Kata kunci : Mandiri, Percaya Diri, Tanggung Jawab, Inisiatif, Disiplin Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sejauh mana kemandirian belajar sudah dilaksanakan di kelas XI MIA SMAN 11 Jambi tahun pelajaran 2019/2020 dalam proses pembelajaran fisika dan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh guru mata pelajaran fisika dalam menanamkan indikator-indikator kemandirian belajar kepada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 11 Kota Jambi yang berjumlah 801 orang. Sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIA yang hadir saat penelitian yang berjumlah 122 orang. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini menggunakan lembar observasi, wawancara , angket, dan dokumentasi. Teknik analis data meliputi pengolahan data dan penyajian data, melakukan perhitungan untuk mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas XI MIA lebih dominan dalam kategori baik untuk setiap indikator. Untuk indikator pertama yaitu percaya diri 57,4% siswa berada dalam kategori baik; 20,5% sangat baik; 22,2% tidak baik dan 0% sangat tidak baik. Indikator kedua tanggung jawab 59% siswa memiliki tanggungjawab yang baik, 29,5% sangat baik; 11,5% tidak baik dan 0% sangat tidak baik. Indikator ketiga inisiatif 67,2% siswa memiliki inisiatif yang baik; 22,1% sangat baik; 10,7% tidak baik dan 0% sangat tidak baik. Dan indikator keempat yaitu disiplin 69,7% siswa memiliki disiplin yang baik; 25,4% sangat baik; 4,9% tidak baik dan 0% sangat tidak baik. Berdasarkan statistik tersebut terlihat bahwa pada indikator percaya diri siswa lebih banyak mengalami hambatan kemandirian belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Universitas Jambi (UNJA) > Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: JONADI S SIMAMORA
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:29
Last Modified: 07 Sep 2020 04:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item