Irawan, Wahyu Akbar and Syamsurizal, Syamsurizal and Harizon, Harizon (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (277kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan interaksi antar siswa dan kemampuan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model TTW. Model TTW adalah model yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model TTW berbantuan multimedia interaktif pada materi larutan penyangga dan korelasinya dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jambi.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model TTW oleh guru maupun siswa dan soal tes esai kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model TTW dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson. Penerapan model TTW oleh siswa sebesar 64,96% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 69,77% dengan kategori baik. Korelasi penerapan model TTW dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy = 0,65 dengan tingkat korelasi sangat kuat dan r2 = 44,89% dengan pengaruh kuat.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model TTW ditinjau dari guru maupun siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat setelah diterapkan model TTW serta terdapat korelasi penerapan model TTW berbantuan multimedia interaktif dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMAN 4 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | WAHYU AKBAR IRAWAN |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 02:31 |
Last Modified: | 10 Sep 2020 02:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/13605 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |