Oktarina, Rica and Yantoro, Yantoro and Budiono, Hendra (2020) DESAIN DIDAKTIS GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan desain didaktis guru dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 pada bulan Februari 2020 s.d April 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik, dan teknik analisis menggunakan teknik miles & huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas menggunakan desain didaktis dalam mengatasi kesulitan peserta didik pada pembelajaran matematika. Desain didaktis yang digunakan guru ialah pengembangan pemahaman peserta didik dengan menggunakan objek nyata, pengembangan pemahaman konsep bangun ruang dengan membuat bangun ruang dari karton dan pengembangan pemahaman konsep bangun ruang dengan menggunakan gambar. Dari hasil penelitian tersebut maka dapat disaran guru bisa mengembangkan desain didaktis pada materi lain dalam pembelajaran matematika agar peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | RICA OKTARINA |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 03:19 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 03:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14293 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |