ANALISIS BAHASA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA REKLAME

SIMAMORA, YESSY SHINTYA (2020) ANALISIS BAHASA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT PADA REKLAME. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER..pdf

Download (21kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
DAFTAR IS2.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Yessy, Shintya Simamora. 2020. Analisis Bahasa Iklan Layanan Masyarakat Pada Reklame Tahun 2020: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd., (II) Drs Albertus Sinaga., M.Pd., Kata kunci: iklan, diksi, gaya bahasa Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan diksi dan gaya bahasa dalam iklan yang di sepanjang di sekitar Jalan Ir.H. Juanda Mayang Kota Jambi sampai ke jalan Raya Jambi Muara Bulian Km 15 Universitas Jambi Mandalo Indah, Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa penggunaan diksi dan gaya bahasa pada iklan layanan masyarakat yang terdapat di sepanjang jalan di sekitar Jalan Ir.H. Juanda Mayang Kota Jambi sampai ke jalan Raya Jambi Muara Bulian Km 15 Universitas Jambi Mandalo Indah, Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, terdiri atas dua jenis makna yaitu makna denotatif dan konotatif, serta terdapat sepuluh ikan yang mengandung gaya bahsa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis satu per satu. Tahap analisis data berupa identifikasi, kliasifikasi dan interpretasi. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) jenis diksi yang digunakan pada iklan layanan masyarakat pada reklame meliputi kata denotasi dan kata konotasi; (2) jenis gaya bahasa yang digunakan pada iklan layanan masyarakat pada reklame meliputi aliterasi, personifikasi, metafora dan hiperbola. Penggunaan diksi dan gaya bahasa dalam iklan layanan masyarakat memberikan pesan himbauan dan larangan. Dengan adanya pesan tersebut diharapkan masyarakat yang membaca iklan tersebut terbujuk dan tertarik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: YESSY SHINTYA S
Date Deposited: 21 Oct 2020 02:45
Last Modified: 21 Oct 2020 02:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item