Larashinta, Septiana (2020) Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2D pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (1).pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABLE, LAMPIRAN.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
BAB V (1).pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
BAB I (1).pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan (2).pdf Download (141kB) |
Abstract
ABSTRAK Larashinta, Septiana. 2020. Pengembangan Media Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2D pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Arsil, M.Pd, (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Kartu Kuartet, Berbasis Gambar 2D Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran kartu kuartet berbasis gambar 2D pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar, (2) untuk mendeskripsikan hasil validasi media pembelajaran kartu kuartet berbasis gambar 2D pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar, (3) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran kartu kuartet berbasis gambar 2D pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV yang ikut dalam uji coba kelompok kecil dan guru wali kelas IV C SD Negeri 84/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 84/IV Kota Jambi pada semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu: 1) Analysis, kegiatan yang dilakukan adalah menganalisis kurikulum, karakter peserta didik, dan kebutuhan sumber belajar. 2) Design, tahap ini membuat rancangan kartu kuartet yang berdasarkan dengan hasil pada tahap analisis. 3) Development, pada tahap ini meliputi pembuatan produk, melakukan validasi instrumen, validasi materi, validasi bahasa, validasi media. 4) Implementation, pada tahap ini kartu kuartet yang telah dikembangkan akan di uji pada kelompok kecil untuk melihat tingkat kepraktisannya. 5. Evaluation, tahap evaluasi adalah melakukan kegiatan evaluasi dari setiap tahap pengembangan. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan pada kartu kuartet yang telah dikembangkan. Kartu Kuartet Berbasis Gambar 2D yang dikembangkan berada dalam kategori sangat valid dan sangat praktis. Valid dalam hal ini bahwasannya kartu kuartet dapat digunakan oleh guru dan peserta didik dalam pembelajaran dan sangat praktis disini bahwasannya kartu kuartet sesuai dan mudah untuk dipakai oleh guru dan peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SEPTIANA LARASHINTA |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 07:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 07:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/14590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |