Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik SMA

Maulidya, Arina Rahma (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik SMA. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN FIX.pdf

Download (182kB)

Abstract

Maulidya, Arina Rahma. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik SMA pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) di Kelas X SMA Negeri 2 Kota Jambi. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakutas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Gugun M.Simatupang, M.Si (II) Dr. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci : LKPD, PBL, Self-Confidence, SPLTV. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya Self-Confidence peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengasilkan LKPD Menggunakan Model PBL Untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik SMA (2) Mendeskripsiskan Kelayakan LKPD Menggunakan Model PBL Untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik SMA. Self-Confidence adalah keyakinan melakukan sesuatu pada diri sendiri. Aspek-aspek Self-Confidence yaitu: (1) Keyakinan Kemampuan Diri (2) Optimis (3) Objektif (4) Bertanggung Jawab (5) Rasional dan Realistis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D) yaitu define, design, development, dessiminate yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Jambi. Adapun subjek penelitiann yakni siswa kelas X IPS 4. Penelitian ini dilakukan pada Juli 2020 secara online dengan pembelajaran daring/home learning. Hasil penelitian yakni: (1) penelitian telah menghasilkan LKPD pembelajaran matematika menggunakan model PBL untuk meningkatkan Self-Confidence pada materi SPLTV kelas X SMA; (2) hasil penilaian ahli materi sebesar 81.53% dengan kriteria valid dan penilaian ahli desain sebesar 80.00% dengan kriteria valid; (3) hasil penilaian kepraktisan oleh pendidik sebesar 87.50% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian kepraktisan oleh peserta didik sebesar 80.68% dengan kriteria praktis; (4) hasil penilaian keefektifan berdasarkan tes hasil belajar didapat 26 orang peserta didik yang mencapai nilai tuntas sehingga diperoleh persentase ketuntasan sebesar 92,85% dengan kriteria sangat efektif dan hasil angket akhir Self-Confidence sebesar 94,76% dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh LKPD menggunakan model PBL untuk meningkatkan Self-Confidence memiliki kualitas yang baik karena memenuhi kriteria kevalidaan, kepraktisan, dan keefektifan. LKPD menggunakan model PBL untuk meningkatkan Self-Confidence peserta didik pada materi SPLTV dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi pendidik dan dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi peserta didik, dan LKPD ini dapat dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran lainnya.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARINA RAHMA MAULIDYA
Date Deposited: 01 Dec 2020 07:58
Last Modified: 01 Dec 2020 07:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15141

Actions (login required)

View Item View Item