Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Gerak Lurus di SMAN 13 Kerinci

Apriana, Rita (2020) Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Gerak Lurus di SMAN 13 Kerinci. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (44kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6kB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pembelajaran fisika karena dengan memahami konsep akan memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi fiska dan memudahkan dalam menyelesikan permasalahan fisika. Salah satu cara yang dapat memudahkan dalam mempelajari materi fisika adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dinilai efektif untuk digunakan yaitu model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing). Model pembelajaran RMS memfasilitasi dan menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam mempersiapkan pelajaran, mencari, memahami konsep, dan meninjau informasi yang telah diperoleh.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) terhadap pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 dan X MIA 3 di SMAN 13 Kerinci. Pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini adalah rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen sebesar 24,93 dan rata-rata nilai pre-test kelas kontrol sebesar 23,79 sedangkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 74,21 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol sebesar 65,48. Rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sehingga pemahaman kosep pada materi gerak lurus lebih efektif menggunakan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RITA APRIANA
Date Deposited: 16 Dec 2020 06:38
Last Modified: 16 Dec 2020 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item