PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 8 MERANGIN

RINI, RINI (2021) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMA NEGERI 8 MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Rini. 2020. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin: Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., M.Si. (II) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW). Guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 08 Merangin dalam proses belajar mengajar masih menggunakan model pembelajaran konvensional atau pembelajaran masih bersifat satu arah dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi Sehingga tidak melibatkan siswa secara langsung dalam proses pembelaran yang berdampak pada kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Think Talk Write (TTW) merupakan bagian dari model pembelajaran kooperatif yang bersifat kelompok yang dapat membuat peserta didik terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dengan Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen, Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan lembar Tes Soal yang terdiri dari soal Pretest dan Posttest. Adapun teknik analisis data diperoleh dari hasil uji normalitas, uji homogenitas, N-gain dan uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedan penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Think Talk Write (TTW) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin. Dimana kedua model pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Namun, model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin pada mata pelajaran Ekonomi dengan kriteria N-gain Sedang. Dapat dilihat dari hasil perolehan rata-rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen II yaitu 33,06667 lebih tinggi dari pada hasil perolehan rata-rata selisih pretest ke posttest kelas eksperimen I yaitu 24,26667 dengan perhitungan uji statistik hasil belajar siswa diperoleh thitung < ttabel (-2,67086511 < 2,04523). Berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) sama-sama mampu meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI IIS SMA Negeri 8 Merangin pada mata pelajaran Ekonomi.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. H. Khairinal, Dpt., BA., M.Si. (II) Dra. Refnida, M.E.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Think Talk Write (TTW).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: RINI
Date Deposited: 15 Jan 2021 07:16
Last Modified: 15 Jan 2021 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item