PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS YOUTUBE UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR

Sakila, Dheada (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS YOUTUBE UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA TEMA 4 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 1 KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (349kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (291kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Sakila, Dheada. 2020. Pengembangan media pembelajaran video berbasis youtube untuk pembelajaran jarak jauh pada tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV sekolah dasar: Skripsi, Pendidikan guru sekolah dasar, FKIP Universitas jambi, Pembimbing : (1) Prof. Dr. Rer. Nat. Asrial., M.Si (2) Alirmansyah., S.Pd., M.Pd Kata kunci : media video pembelajaran, youtube, pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur dan kepraktisan media pembelajaran video berbasis youtube untuk pembelajaran jarak jauh pada tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini berjenis formatif. Data – data tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya yaitu kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi-deskripsi yang didapatkan melalui lembar validasi ahli yang berisi kritik, tanggapan, saran dan masukkan. Data kuantitatif berupa angka-angka yang didapatkan melalui angket validator materi, media, bahasa, dan angket respon guru serta respon siswa. Media video pembelajaran berbasis youtube untuk pembelajaran jarak jauh pada tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas IV sekolah dasar ini dikembangkan dengan model ADDIE. Model ADDIE merupakan salah satu model desain pembelajaran yang membuat situasi pemebajaran berbasis peserta didik, inovatif, autentik dan menginspiratif. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analysis, desain, development, implementation, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis youtube untuk pembelajaran jarak jauh pada tema 4 subtema 3 pembelajaran 1 di kelas IV sekolah dasar tingkat kevalidan yang diperoleh dari validator materi yaitu 4,53 termasuk kategori sangat layak dengan presentase 90%, validator media yaitu 4,65 termasuk kategori sangat layak dengan presentase 93%, validator bahasa yaitu 4,44 termasuk kategori sangat layak dengan presentase 88%. Validator ahli praktisi guru diperoleh nilai 4,6 termasuk kategori sangat praktis dengan presentase 92%. Pada hasil angket respon siswa diperolah kategori sangat praktis dengan 93%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dheada Sakila
Date Deposited: 19 Jan 2021 06:43
Last Modified: 19 Jan 2021 06:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15741

Actions (login required)

View Item View Item