STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Yoana, Alusi and maryono, maryono and Noviyanti, Silvi (2020) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN HASIL WAWANCARA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)

Abstract

ABSTRAK Alusi, Yoana. 2020.Strategi Guru Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Laporan Hasil Wawancara Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1)Drs. Maryono, M.Pd. Pembimbing (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Strategi, Keterampilan Menulis Laporan Wawancara Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis laporan hasil wawancara pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini berjenis studi pustaka(Library Research) yaitu penelitian yang memperoleh data berdasarkan jurnal atau karya ilmiah lain yang sumber-sumbernya berkaitan dengan strategi meningkatkan keterampilan menulis laporan hasil wawancara peserta didik. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil-hasil penelitian pada topik strategi menulis laporan hasil wawancara peserta didik yang telah dipublikasikan pada berbagai jurnal dan karya tulis ilmiah online yang terindeks google schoolar. Jumlah jurnal dan karya tulis ilmiah yang diperoleh yaitu 7, yang telah diseleksi sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu bahwa dengan ini menunjukan penggunaan strategi Menemu Baling, Strategi Menulis Berita, StrategiPAIKEM, dan Strategi Kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis laporan hasil wawancara peserta didik, selain itu juga dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa. Faktor yang mendukung terlaksananya menulis laporan hasil wawancara yakni: memiliki dana yang mencukupi, memiliki sumber daya dukung yang baik. Menulis laporan hasil wawancara akan memiliki pengaruh dalam membentuk nilai dan karakter pesserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Guru Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Laporan Hasil Wawancara Pada Kelas IV Sekolah Dasar adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari yang Cukup Menjadi Baik, begitu pula minat siswa dalam pembelajaran, siswa jadi lebih aktif dan tertarik dengan pembelajaran sehingga mampu mencapai nilai diatas KKM.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ALUSI YOANA
Date Deposited: 20 Jan 2021 06:46
Last Modified: 20 Jan 2021 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15875

Actions (login required)

View Item View Item