Sari, Noviatri Indah Puspita and Ekawarna, Ekawarna and Syuhada, Siti (2020) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI TANJUNG JABUNG TIMUR 2019/2020. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI Noviatri Indah Puspita Sari (A1A116039).pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar siswa yang rendah. hal ini disebabkan oleh disiplin belajar siswa yang kurang dalam mentaati aturan-aturan yang ada serta rasa kesadarandiri yang kecil, selain itu kurangnya suasana kondusif atau belum terpenuhinya kenyamanan serta dukungan dari lingkungan siswa untuk belajar. yang mana setiap siswa menginginkan lingkungan belajar yang nyaman yang mendukung siswa melaksanakan proses belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur. 2) Pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020. 3) Pengaruh yang signifikan antara Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar Ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020 Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan metode Ex-Post Facto dengan Populasi siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan jumlah responden 107 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1)terdapat pengaruh signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020. Ini dapat dibuktikan dengan melihat nilai signifikansinya 0,000 > 0,05 dan nilai koefisien regresi pada variabel disiplin belajar (X1) sebesar 0,677 bertanda positif serta nilai thitung > ttabel yaitu 9,423 > 1,983. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020. Ini bisa dibuktikan dengan melihat nilai signifikansinya 0,000 > 0,05 dan nilai koefisien regresi ligkungan belaja (X2) sebesar 0,645 yang bertanda positif serta nilai thitung > ttabel yaitu 8,647 > 1,983. 3) terdapat pengaruh yag signifikan secara simultan antara variabel disiplin belajar (X1) da Lingkungan Belajar (X2) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur 2019/2020. Ini terbukti dari nilai F sebesar 48,86 pada signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi, dengan Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,484 atau 48,4%. Dari hasil simpulan disarankan agar siswa untuk lebih menerapkan disiplin pada diri sendiri, serta lingkungan yang ada membantu secara optimal guna untuk mendapatkan hasil belajar yang optimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | NOVIATRI INDAH PUSPITA SARI |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 04:03 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 04:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15890 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |