ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN PERCEIVING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI KELILING PERSEGI PANJANG DI KELAS VII F SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI

EDNA, REGISTRY (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA DENGAN TIPE KEPRIBADIAN PERCEIVING DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA MATERI KELILING PERSEGI PANJANG DI KELAS VII F SMP NEGERI 16 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ttd pengesahan.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Edna, Registry. 2020. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Pada Siswa Dengan Tipe Kepribadian Perceiving Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi keliling persegi panjang Di kelas VII F SMP Negeri 16 Kota Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M. Simatupang, M. Si. (II) Ibu Yelli Ramalisa, S. Pd, M. Sc. Kata Kunci: Kesalahan Siswa, Prosedur Newman, Perceiving, Soal cerita Matematika Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman pada siswa dengan tipe kepribadian perceiving dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi keliling persegi panjang di kelas VII F SMP Negeri 16 Kota Jambi dalam memehuni indikator kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman. Dalam penelitian ini kesalahan siswa yang diukur berdasarkan tahapannya yaitu meliputi tahap kesalahan membaca (reading error), tahap kesalahan memahami (comprehension error), tahap kesalahan transformasi (transformation error), tahap kesalahan keterampilan proses (process skills error), dan tahap kesalahan penulisan jawaban (encoding error). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 16 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas VII F SMP Negeri 16 Kota Jambi. Subjek terpilih merupakan siswa perceiving. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesalahan siswa berdasarkan prosedur newman pada siswa dengan tipe kepribadian perceiving dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi keliling persegi panjang yaitu, diperoleh bahwa tidak ada subjek yang melakukan Kesalahan Membaca (Reading Error). Pada Kesalahan Memahami (Comprehension Error) dilakukan oleh SP1, SP3, dan SP4. Pada Kesalahan Transformasi (Transformation Error) diperoleh bahwa tidak ada yang melakukan kesalahan pada tahap ini. Pada Kesalahan Kemampuan Proses (Process Skills Error) dilakukan oleh SP1, SP2, SP3, dan SP4. Pada Kesalahan Penulisan Jawaban (Encoding Error) dilakukan oleh SP1, SP2, SP3, dan SP4. Secara keseluruhan siswa dengan tipe kepribadian perceiving masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi keliling persegi panjang, kesalahan ini terjadi pada tahapan Kesalahan Memahami Masalah (Comprehension Errors), Kesalahan Keterampilan Proses (Process Skills Errors), dan Kesalahan Penulisan Jawaban (Encoding Errors).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: REGISTRY EDNA
Date Deposited: 18 Jan 2021 07:37
Last Modified: 18 Jan 2021 07:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15911

Actions (login required)

View Item View Item