Audria, Novi and Suhandi, Andi and Kurniawan, Agung Rimba (2021) Strategi Guru dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI NOVI AUDRIA_A1D117096.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (701kB) |
![]() |
Text
Pengesahan dan persetujuan skripsi.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (412kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf Download (306kB) |
Abstract
ABSTRAK Audria, Novi. 2020. Strategi Guru dalam Membangkitkan Minat Belajar Siswa pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar.Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S,Pd., M.Pd.I (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Minat Belajar Siswa, Pembelajaran Dalam Jaringan, Pandemi COVID-19. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemi COVID-19 di kelas IA SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi. Penelitian ini dilakukan di SDIT Diniyyah Al-Azhar Jambi pada tanggal 14 November s/d 12 Desember 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam membangkitkan minat belajar siswa pada sistem pembelajaran dalam jaringan masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar sebagai berikut: (1) menyajikan materi yang dirancang (berupa penataan isi dan penyajian materi secara sistematis serta praktis dalam sebuah RPP yang mana guru mengajak siswa dalam mengamati, menanya, mencoba dan menciptakan), (2) memberikan rangsangan (berupa dorongan dan penghargaan sebagai bentuk apresiasi agar siswa antusias, semangat dan menaruh perhatian yang lebih saat kegiatan belajar), (3) mengembangkan kebiasaan teratur (membentuk pembiasaan yang baik), (4) meningkatkan kondisi fisik siswa (memberikan perhatian dan menjaga komunikasi), (5) menyediakan fasilitas pendukung dalam pembelajaran. Hal-hal yang diperhatikan guru dalam menentukan suatu strategi pembelajaran yang akan digunakan berdasar pada pijakan (pedoman) yaitu tujuan pembelajaran, karakteristik siswa dan kendala media atau sumber belajar. Dengan strategi-strategi yang telah digunakan oleh guru dapat membangkitkan minat siswa terlihat pada perasaan senang (suka) siswa, ketertarikan siswa, perhatian siswa dan keterlibatan siswa dalam mengikuti pembelajaran dalam jaringan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Novi Audria |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 02:20 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |