Wanres, Wanres and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Hambatan Guru Sebagai Fasilitator Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Di Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri 55/1 Sridadi. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI WANRES (A1D117197).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) |
Abstract
ABSTRAK Wanres. 2021. Hambatan Guru Sebagai Fasilitator Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri 55/1 Sridadi; Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar. Universitas Negeri Jambi, Pembimbing (I) Drs. Arsil. M.Pd, Pembimbing (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Fasilitator, Faktor Penghambat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Hambatan Guru Sebagai Fasilitator Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri 55/1 Sridadi. Penelitian ini dilakukan di kelas III A SD Negeri 55/1 Sridadi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan guru sebagai fasilitator pada sistem pembelajaran dalam jaringan dimasa pandemi covid-19 SD Negeri 55/1 Sridadi. Hasil penelitian ini berguna bagi sekolah dan guru untuk meningkatkan fungsi guru sebagai fasilitator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini Guru kelas III A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observsi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik dari Miles dan Huberman terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan menghambat guru sebagai fasilitator pada sistem pembelajaran dalam jaringan yaitu menyediakan elemen pembelajaran 1) Memvariasikan media pembelajaran, 2) Bahan ajar, 3) Materi pembelajaran. Hambatan selanjutnya pada Pelaksanaan dengan menyediakan kegiatan pembelajaran yang merangsang keingintahuan peserta didik yaitu 1) Kegiatan pendahuluan seperti memberikan stimulus kepada siswa sering tidak terlaksanakan, 2) Kegiatan penutup seperti menguji pemahaman siswa tentang materi yang sudah dipelajari juga tidak terlaksana dengan baik pada saat pembelajaran dalam jaringan. Mengawasi peserta didik dalam melaksanakan sistem pembelajaran dalam jaringan yaitu dengan pembelajaran dalam jaringan menggunakan video pembelajaran akan menghambat guru dalam mengawasi peserta didik. Serta mengevaluasi peserta didik terhadap ke aktifan peserta didik dalam proses pembelajaran secara dalam jaringan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran dalam jaringan dengan cara membuat vidio pembelajaran dan pembelajaran melalui video Call. Namun, dalam proses pelaksanaannya guru memiliki hambatan sehingga membuat pembelajaran yang dilakukan kurang obtimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WANRES |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 01:59 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 01:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |