Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS Semester I Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Bara

Tondang, Dini and Maemunah, May and Putra, Iwan (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS Semester I Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Bara. S1 thesis, Universitas Jambu.

[img] Text
SKRIPSI DINI GUSTIARI TONDANG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Tondang, Dini Gustiari. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS Semester I Tahun Ajaran 2020/2021 di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat. Skripsi, P-IPS, Pendidikan Eknomi, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. May Maemunah M, M.E (II) Iwan Putra, S.E, M. S. Ak Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPS SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang tidak di ajar menggunakan pembelajaran PBL. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 95 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive random sampling diperoleh sampel sebanyak dua kelas dengan jumlah siswa masing - masing sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen Tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan inferensial. Hasil peneletian ini menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,017<0,05 dan dengan thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,518>1,671. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat. Ini dapat dibuktikan dengan nilai signifikansinya 0,013<0,05 dan dengan thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,648>1,671. 3) Terdapat perbedaan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMA Aradal Haq Kab. Tanjab Barat. Ini dapat dibuktikan dengan nilai X2 hitung>X2 tabel atau 10,060>5,991 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Untuk nilai p=0,001 dengan batas kemaknaan α=,0,05 maka nilai p<0,05. Saran yang dapat disampaikan pada guru, sebaiknya dapat menentukan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi ajar, jenjang kelas, kondisi siswa dan kelas. Sekolah dapat mendukung pelaksanaan model-model pembelajaran inovatif melalui pembiasaan pelaksanaan pembelajaran inovatif dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Siswa diharapkan dapat menyesuaikan diri dan tetap berpartisipasi aktif dengan pelaksanaan model pembelajaran inovatif yang diterapkan di sekolah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TONDANG
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:49
Last Modified: 19 Jan 2021 04:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/15986

Actions (login required)

View Item View Item