Dewi Asmara, Suci and yantoro, yantoro and Kurniawan, Agung Rimba (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA BACA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (102kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
persetujuan .pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
REVISI SKRIPSI SUCI DEWI ASMARA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru di SDN 61/X Talang Babat dalam mengembangkan budaya baca di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 61/X Talang Babat pada November 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru dan lingkungan sekolah (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini telah melakukan berbagai strategi yang baik untuk mengembangkan budaya baca di sekolah dan diperolah hasil yang baik pula dimana telah terbentuk kebiasaan membaca peserta didik. Strategi yang dilakukan diantaranya kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, penyediaan koleksi bacaan yang tepat bagi peserta didik, mengoptimalkan fungsi perpustakaan perpustakaan sekolah, menyediakan sudut baca disetiap kelas, teras membaca yang nyaman, menciptakan lingkungan yang kaya teks, serta menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Strategi yang digunakan guru untuk mengembangkan budaya baca berbeda antara kelas rendah dan kelas tinggi pada tahapan pelaksanaannya. Di kelas rendah pelaksanaan kegiatan membaca 15 menit dilaksanakan dengan guru yang membacakan cerita di depan kelas dan buku bacaan yang digunakan biasanya buku berukuran besar dilengkapi beberapa kalimat sederhana. Lain halnya di kelas tinggi yang kegiatan membaca 15 menit umumnya dilakukan dengan teknik membaca senyap dimana guru dan peserta didik berada ditempat masing-masing dan membaca bukunya sendiri. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan guru terlihat sudah menunjukkan hasil yang baik seperti terbentuknya kebiasaan dan kesadaran peserta didik dalam membaca serta memanfaatkan jam kosong mereka untuk membaca sukarela tanpa adanya paksaan. Hasil baik yang diperoleh ini merupakan buah dari kerja keras guru yang dibantu berbagai pihak lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ASMARA |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 07:21 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 07:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |