PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN MENGGUNAKAN PROJECT-BASED INSTRUCTION (PJBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI

Parandrengi, Resyarusyda and Sabil, Husni and Syaiful, Syaiful (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN MENGGUNAKAN PROJECT-BASED INSTRUCTION (PJBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Halaman Sampul.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (114kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
18. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (158kB)

Abstract

Kata Kunci: Perangkat Asesmen, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Project-Based Instruction. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengintegrasian kurikulum, metode pembelajaran, dan asesmen. Masih terdapat beberapa guru yang belum memahami dan mengalami kesulitasn dalam menerapkan asesmen. Sehingga, asesmen menjadi salah satu tantangan berat bagi guru. Salah satu kemampuan yang sangat dibutuhkan di abad ini adalah kemampuan pemecahan masalah. Kegiatan asesmen yang dapat menunjang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah Project-Based Instruction (PjBI). Berdasarkan pengamatan terhadap siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi dan wawancara kepada guru mata pelajaran matematika, kegiatan asesmen belum mengintegrasikan penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Didapatkan solusi dengan mengembangkan perangkat asesmen menggunakan PjBI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan perangkat asesmen dan mengetahui validitas, praktikalitas, serta efektivitas dari perangkat asesmen menggunakan PjBI untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 10 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan pada validator produk, guru matematika dan siswa di kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 10 Kota Jambi semester ganjil 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg & Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar validasi ahli produk, lembar respon guru, lembar respon siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Dilakukan revisi untuk mendapatkan produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat asesmen yang dinyatakan valid, efektif, dan praktis. Hal ini ditunjukkan hasil presentasi aspek validitas dari ahli yaitu 89,6875% dengan kategori valid. Dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, didapatkan hasil valid dan reliabel. Hasil presentase aspek praktikalitas 75,714% dikategorikan praktis. Hasil presentase aspek efektivitas didapatkan rata-rata n-gain score yaitu 0,40627 yang artinya terjadi perangkat asesmen ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Resyarusyda Parandrengi
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:11
Last Modified: 25 Jan 2021 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item