Analisis Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Topi Di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota

Widiawati, Ariani (2021) Analisis Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Topi Di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (153kB)
[img] Text
halaman pengesahan 1.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (186kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (455kB)
[img] Text
bab V.pdf

Download (411kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

ABSTRAK Widiawati, Ariani. 2021. “Analisis Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Topi Di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., (2) Dr. Drs. Haryanto, M. Kes., Kata Kunci Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan, Kegiatan Bermain Topi. Penelitian ini dilatarbelakangi Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota. Ditemukan masalah yang terkait kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan masih rendah. Sebagian besar anak masih melakukan kesalahan dalam menyebutkan urutan bilangan 1-10. Ketika anak diminta oleh guru menyebutkan urutan bilangan 1-10 secara bersama-sama, hampir semua anak dapat melakukannya. Tetapi, saat satu persatu anak diminta untuk menyebutkannya ternyata masih banyak anak yang masih bingung dan kebalik menulis angka. Berdadasarkan latarbelakang penelitian diatas, maka rumusan masalah umum penelitian ini adalah Bagaimana pengenalan kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain topi di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis kemampuan pengenalan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain topi di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif, yang mengukur konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota. Dalam penelitian ini TK yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota dengan jumlah anak 15 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perumpuan. Tempat penelitian yang peneliti lakukan di TK Labora Islam. Waktu penelitian akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai analisis pengenalan kemampuan konsep bilangan anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain topi di Tk Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”. Hal tersebut terbukti dari hasil rata-rata bobot yang telah diperoleh yaitu sebesar 82%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pengenalan kemampuan konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Topi Di TK Labora Islam Kecamatan Jambi Luar Kota secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 82%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: ARIANI WIDIAWATI
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:55
Last Modified: 02 Feb 2021 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item