Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi

Yanti, Hendri (2021) Hubungan Keharmonisan Keluarga dengan Motivasi Belajar Siswa di SMP Negeri 4 Kota Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 4 Kota Jambi Disusun oleh : HENDRI YANTI A1E116013 Dosen Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi Gutji Sati, M.Pd Dosen Pembimbing 2 :Freddi Sarman, S.Pd., M.pd ABSTRAK Kata kunci : Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar Motivasi belajar adalah keadaan dalam diri seseorang yang mendorong individu tersebut untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu guna mencapai tujuan yang akan dicapai. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap 4 (empat) guru di SMPN 4 Kota Jambi, ditemukan bahwa masih terdapat siswa yang memiliki motivasi kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluargaa dengan motivasi belajar. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII di SMPN 4 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini 759 siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel stratified random sampling (pengambilan sampel secara bertingkat). Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar. dengan korelasi nilai r hitung = 0,600, lebih besar dari nilai r tabel = 0,2343 ( 0,600 > 0,2343). Dengan demikian korelasi terebut dinyatakan positif dan signifikan. Maka berdasarkan hasil uji hipotensis dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar. Dengan demikian adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel keharmonisan keluarga (X) dengan variabel motivasi belajar (Y). Guru BK dapat bekerja sama dengan orang tua meningkatkan keharmonisan keluarga dengan motivasi belajar.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing 1 : Drs. Nelyahardi Gutji Sati, M.Pd Dosen Pembimbing 2 :Freddi Sarman, S.Pd., M.pd
Uncontrolled Keywords: Keharmonisan Keluarga, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Hendriyanti
Date Deposited: 16 Feb 2021 03:52
Last Modified: 16 Feb 2021 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16265

Actions (login required)

View Item View Item