SITUS WATER TOREN PDAM JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH

mawaddah, siti aptiha (2021) SITUS WATER TOREN PDAM JAMBI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
halaman judul.pdf

Download (171kB)
[img] Text
Daftar isi-converted.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB II-converted.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
BAB IV Apti Sudah Revisi-2-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (712kB)
[img] Text
BAB_V-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lampiran-converted.pdf

Download (765kB)

Abstract

Mawaddah, Siti Aptiha. 2020. Situs Water Toren PDAM Jambi sebagai Sumber Belajar Sejarah. Pembimbing (I)Drs. Budi Purnomo., M.Hum., (II) Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum. Kata Kunci : Situs, PDAM Jambi, Sumber Belajar Situs water toren PDAM Jambi yang berada di Jambi sangat erat hubungannya dengan peninggalan sejarah bangsa Belanda di Jambi. Peninggalan sejarah panjang bangsa belanda yang ada sampai saat ini berupa water toren PDAM Jambi. Situs water toren PDAM Jambi ini mengandung nilai-nilai yang harus dipahami siswa atau peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu, untuk mendeskripsikan sejarah situs water toren PDAM KotaKota Jambi, untuk mengatahui nilai-nilai apa terkandung dalam situs water toren PDAM Kota Jambi, dan untuk mengetahui pemanfaatannilai-nilaisitus water toren PDAM Kota Jambi sebagai sumber belajar sejarah. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang berusaha mendeskrispsikan tentang pemanfaatan situs water toren PDAM Jambi sebagai sumber belajar. Data primer yang peneliti gunakan adalah yang berkaitan dengan lokasi penelitian, yaitu berupainforman dan data langsung dari water toren PDAM Kota Jambi, data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber tidak langsung yang biasanya berupa data dokumentasi dan arsip-arsip resmi dari water toren PDAM Kota Jambi. Hasil penelitian diperoleh, Sejarah situs water toren PDAM Kota Jambi, Sejak 1928 Menara air ini peninggalan Belanda, ia dibangun pada 1928. Dahulu menara ini digunakan untuk mengalirkan air bersih ke penduduk sekitar. Lokasi menara ini umum disebut Benteng. Ada tiga menara yang dibangun. Dua menara lainnya digunakan untuk pembuangan bahan kimia, Nilai-nilai yang terkandung dalam situs water toren PDAM Kota Jambi. Nilai-nilai yang terkait aspek bentuk terdiri dari nilai arsitektural, nilai arsitektural ialah nilai untuk bangunan (tata ruang, struktur) dan ruang luar (tapak, lingkungan alam). Selubung bangunan bagian atap: Atap Pendopo (Limasan) dan atap Bangunan Utama (perisai-limasan) memiliki kesatuan bentuk-material. Simbolik, nilai simbolik dari Situs Water Toren lebih didominasi dari tampilan bentuknya serupa Bangunan Belanda, dan dinilai pantas sebagai Bangunan Belanda karena bentuk bangunannya dan perannya sebagai pengairan rakyat Kota Jambi., dari aspek fungsi terdiri dari nilai sejarah, dan sosial, pemanfaatan nilai-nilai situs water toren PDAM Kota Jambi sebagai sumber belajar sejarah. Pemanfaatan nilai-nilai situs water toren PDAM Kota Jambi sebagai sumber belajar sejarah Lokal Jambi, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara. Pertama, dapat langsung membelajarkan siswa pada obyeknya. Kedua, membelajarkan siswa melalui foto atau gambar yang telah disiapkan guru. Dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai yang terkait aspek bentuk terdiri dari nilai arsitektural, dan simbolik, dari aspek fungsi terdiri dari nilai sejarah, nilai sejarah situs Water Toren ialah nilai terkait bangunan bergaya Belanda yang didesain oleh tokoh Arsitek bangsa Belanda tahun 1928, dan diberi nama water toren PDAM Kota Jambi. Nilai sosial, nilai sosial terkait nilai tata ruang bangunan Water Toren yang mengikuti tataruang bangunan Belanda, yang merupakan hasil karya budaya/ lambang kehidupan masyarakat Jambi. Diharapkan pihak sekolah dapat lebih memperhatikan dan memaksimalkan media serta fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah tersebut agar didapatkan proses maupun hasil pembelajaran sejarah yang maksimal demi meningkatkan hasil belajar siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: SITI APTIHA MAWADDAH
Date Deposited: 05 Feb 2021 03:10
Last Modified: 05 Feb 2021 03:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16267

Actions (login required)

View Item View Item