Apriliani, Anis and maryono, maryono and Budiono, Hendra (2021) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDULCOVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) |
Abstract
Apriliani, Anis. 2020. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anaka Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan, Sumber Belajar, Pembelajaran Tematik Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan lingkungan sebagai sumber berlajar pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 198/I Pasar Baru pada semester ganjil dan dilanjutkan pada awal semester genap Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran tematik di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Adapun bentuk pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar yang dimanfaatkan guru dan peserta didik diantaranya: 1) Pemanfaatan lingkungan benda pada materi sifat- sifat cahaya, peserta didik memanfaatkan benda berupa kertas karton, lilin, senter, gelas, pena/pensil, cermin, dan air. 2) Pemanfaatan lingkungan sosial pada materi pengamalan sila kelima pancasila dirumah melalui kegiatan membantu pekerjaan orang tua, ketika diberikan uang oleh orang tua digunakan dengan sebaik mungkin, berlaku adil kepada adik dan kakaknya dirumah, mengantarkan makanan kerumah tetangga. 3) Pemanfaatan lingkungan benda pada materi garis berpotongan dengan memanfaatkan benda berupa kertas dan pena/pensil. 4) Pemanfaatan lingkungan benda pada materi macam- macam cermin dengan memanfaatkan benda berupa sendok dan cermin. 4) Pemanfaatan lingkungan benda pada materi tahapan pertumbuhan hewan peliharaan dengan memanfaatkan hewan peliharaan dirumah seperti kucing. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru agar lebih berinovasi dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran tematik. Dan juga disarankan kepada peserta didik agar lebih semangat dan antusias lagi dalam proses pembelajaran, sehingga dalam grup whatsapp kelas tidak hanya peserta didik tertentu saja yang aktif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Anis Apriliani |
Date Deposited: | 11 Feb 2021 02:22 |
Last Modified: | 11 Feb 2021 02:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |