Vajrianti, Amalia (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERILUSTRASI KOMIK DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan(3).pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (25kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (456kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (289kB) |
Abstract
Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam memajukan sebuah bangsa. Kemajuan sebuah negara sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang dimiliki negara tersebut. Salah satu faktor penting untuk memajukan pendidikan tersebut adalah pada proses pembelajaran itu sendiri.Proses pembelajaran yang diinginkan adalah mampu menciptakan ketertarikan siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan adanya inovasi baru dalam dunia pendidikan sehingga siswa mempunyai ketertarikan dalam proses pembelajaran.Sehingga dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKPD Berilustrasi komik dengan pendekatan RME pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design, dan development). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi pada Oktober 2020. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dengan menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada materi BSRD kelas VIII SMP; 2) hasil penilaian ahli materi sebesar 80 % dengan kriteria cukup valid dan penilaian ahli media sebesar 80% dengan kriteria cukup valid; 3) memperoleh penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 95,65% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 85,68% dengan kriteria sangat praktis; 4) kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar terdapat 25 orang siswa yang mencapai ≥ 70 sehingga persentase ketuntasan mencapai 84% kriteria efektif. Modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar pada diri peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AMALIA VAJRIANTI |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 04:36 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 04:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |