Nazir, Akrom (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP N 7 BATANGHARI. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Judul dan Cover.pdf Download (461kB) |
![]() |
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (733kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN-dikonversi.pdf Download (76kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi sistem persamaan linear dua variabel. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan tahapan Taksonomi Bloom (C1-C5) dalam penyelesaian soal matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP N 7 Batanghari. Dari 10 calon subjek yang diberikan tes dibagi menjadi 3 kelompok subjek yaitu kemampuan kognitif tinggi, kognitif sedang, dan kognitif rendah. Dari tiap kelompok subjek diambil 1 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan kognitif tinggi dapat memenuhi semua indikator pemahaman konsep matematis dan melewati seluruh tahapan taksonomi Bloom yaitu mengingat/C1, memahami/C2, mengaplikasikan/C3, menganalisis/C4, dan mengevaluasi/C5. Siswa dengan kemampuan kognitif sedang dapat memenuhi minimal lima indikator pemahaman konsep matematis dan melewati tahapan taksonomi Bloom yaitu mengingat/C1, memahami/C2, mengaplikasikan/C3, dan menganalisis/C4. Siswa dengan kemampuan kognitif rendah hanya memenuhi tiga indikator pemahaman konsep dan melewati tahapan taksonomi Bloom yaitu mengingat/C1 dan memahami/C2.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Akrom Nazir |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 07:04 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 07:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |