ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN PADA ANAK USIA 5 -6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY DI TK RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR

APRILENDI, IRVAN (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN PADA ANAK USIA 5 -6 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY DI TK RANTAU RASAU KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Irvan Aprilendi.2021. “Analisis kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 5 -6 tahun melalui pembelajaran inquiry Di TK Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi Kata Kunci: Kemampuan mengenal konsep ukuran pada, pembelajaran inquiry Hasil observasi peneliti di TK Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam memberikan pembelajaran, guru masih bersifat konvensional yaitu pembelajaran yang masih berpusat pada buku pembelajaran dengan cara menjelaskan dan mendengarkan, guru hanya menjelaskan cara bermain tanpa mendekati anak untuk bersama anak bermain, sehingga anak terlihat kurang dekat dan tidak aktif, di masa pandemic saat ini guru di minta lebih kreatif dalam penyampaian pembelajaran. Pembelajaran inquiry dengan konsep ukuran sangat baik untuk di terapkan agar anak dapat berpikir kreatif dan inovatif. Proses pembelajaran yang inovatif dan kreatif dapat dilakukan melalui kegiatan yang menarik, membangkitkan rasa ingin tahu anak dan memotivasi anak untuk menemukan hal-hal baru. Tujuan penelitian ini yitu Untuk menganalisis kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 5 -6 tahun melalui pembelajaran inquiry Di TK Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Penelitian ini meruapakan penelitian deskriptif, yang mengukur kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 5 -6 tahun melalui pembelajaran inquiry Di TK Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru di TK Kecamatan Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020, yaitu 36 guru, Berdasarkan hasil pengolahan data mengenai analisis kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 5 -6 tahun melalui pembelajaran Inquiry Di Tk Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 75,1%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu analisis kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak usia 5 -6 tahun melalui pembelajaran Inquiry Di Tk Rantau Rasau Kabupaten Tanjung Jabung Timur secara umum berada pada kategori “Tinggi” dengan berdasarkan persentase hasil sebaran angket mencapai 75,1%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si Pembimbing II Jelpa Periantalo, S.Psi., M.Psi., Psi
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal konsep ukuran pada, pembelajaran inquiry
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: IRVAN APRILENDI
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:52
Last Modified: 17 Feb 2021 02:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16366

Actions (login required)

View Item View Item