Pembelajaran Daring Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi

Wulandari, Fitri (2021) Pembelajaran Daring Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER PEMBELAJARAN DARING MENULIS TEKS DESKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (23kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN REAL.pdf

Download (319kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 2.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I (1)-dikonversi-dikompresi.pdf

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN-converted-compressed.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dari Pembelajaran Daring Menulis Teks Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode dekskriptif terhadap subjek penelitian yang ada di lapangan dan diperoleh data yang berasal dari wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2021 sampai 12 Februari 2021 dengan subjek penelitian guru bahasa Indonesia kelas VII. Berdasarkan analisis data diketahui hasil penelitian bahwa Pembelajaran Daring Menulis Teks Deskripsi meliputi tiga proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan berupa menyiapkan rancangan perencanaan pembelajaran (RPP) dan menyiapkan bahan materi, pelaksanaan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir pembelajaran. Kegiatan awal berupa salam pembuka, membaca doa, memeriksa kehadiran dan penyampaian tujuan pembelajaran pada whatsapp grup. Kegiatan inti berupa penyampaian materi, sesi tanya jawab dan diskusi. Kegiatan akhir berupa penarikan kesimpulan dan penugasan. Penilaian yang dilakukan berupa penilaian sikap dan penilaian pengetahuan serta penilaian sikap dilihat dari keaktifan siswa dan kedisiplinan siswa mengumpulkan tugas tepat waktu. Penilaian pengetahuan dilihat dari hasil penugasan. Pembelajaran Daring Menulis Teks Deskripsi menjadikan kegiatan pembelajaran tetap dapat dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Dari hasil penelitian ini guru disarankan agar lebih kreatif lagi dalam pelaksanaan pembelajaran daring atau mencari referensi pembelajaran daring yang menyenangkan dan efektif agar siswa tidak jenuh dalam melaksanakan pembelajaran, guru memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga pemerintah harus mempersiapkan kebutuhan siswa yang memadai untuk proses pembelajaran daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: FITRI WULANDARI
Date Deposited: 18 Feb 2021 02:51
Last Modified: 18 Feb 2021 02:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item View Item