Dwi Anggraini, Nadia (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NASKAH DRAMA CIPOA KARYA PUTU WIJAYA. S1 thesis, Fkip.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan-dikonversi.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam naskah drama Cipoa Karya Putu Wijaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya yang berjumlah 36 halaman yang diposting oleh Gusmel Riyadh tahun 2011 dan diunggah pada hari Selasa 22 Februari 2011. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan studi pustaka. Penelitian diawali dengan peneliti membaca beberapa naskah drama karya penulis ternama yang ada di internet, memilih naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya, membaca naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya secara berulang, mengidentifikasi dan mengklasifikasi data berupa nilai-nilai pendidikan karakter, data yang sudah ditetapkan kemudian dimasukkan ke dalam tabel, data kemudian dianalisis secara kualitatif sehingga diperoleh nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah drama Cipoa karya Putu Wijaya. Hasil penelitian ini adalah dari delapan belas nilai pendidikan karakter menurut Kemendiknas (2010) ditemukan dua belasnilai pendidikan karakter dalam naskah drama ini. Dua belas nilai pendidikan karakter itu adalah: (1) religius, (2) jujur, (3) toleransi, (4) disiplin, (5) kerja keras, (5) kreatif, (6) demokratif, (7) rasa ingin tahu, (8) cinta tanah air, (9) menghargai prestasi, (10) komunikatif, (11) peduli sosial dan (12) tanggung jawab. Ada enam nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan dalam naskah drama ini yaitu: 1) toleransi, 2) mandiri, 3) semangat nasionalisme, 4) cinta damai, 5) gemar membaca, dan 6) peduli lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian maka saran peneliti adalah kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mengambil kekhususan keteateran atau mahasiswa di perguruan tinggi lain yang mengambil Jurusan atau Prodi Seni Pertunnjukan dapat mengangkat naskah drama ini sebagai sebuah pertunjukan karena naskah drama ini memuat nilai-nilai pendidikan karakter yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai generasi muda.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | NADIA DWI ANGGRAINI |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 01:19 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 01:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16438 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |