Liasa, Cikal Yudhistira (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN DISPOSISI MATEMATIS PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (327kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (297kB) |
Abstract
Liasa, Cikal Yudhistira. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Disposisi Matematis Pada Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Mujahidawati, M. Si. (II) Drs. Sufri, M. Si Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Relasi dan Fungsi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan disposisi matematis Dalam penelitian ini karakteristik yang dimaksud adalah karakteristik yang muncul dalam memecahkan masalah yang mengikuti langkah-langkah Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan menelaah kembali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada SMP Negeri 7 Kota Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang diambil dari kelas VIII K, yaitu 2 siswa yang mempunyai tingkat disposisi matematis tinggi, 2 siswa yang mempunyai tingkat disposisi matematis sedang dan 2 siswa yang memiliki tingkat disposisi matematis rendah. Pada tahap memahami masalah menunjukkan persentasi sebanyak 72, 2%, pada tahap menyusun rencana menunjukkan persentasi sebanyak 77,7%, pada tahap melaksanakan rencana menunjukkan persentasi 88,8% dan pada tahap menyimpulkan atau memeriksa kembali jawaban menunjukkan persentasi 77,7%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengetahui tingkat disposisi matematis masing-masing individu dikelas VIII K, teknik tes untuk kemampuan menyelesaikan soal relasi dan fungsi, teknik wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemahaman 6 subjek yang memenuhi kriteria tersebut dalam menyelesaikan soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa disposisi matematis tinggi mempengaruhi karakteristik dalam menyelesaikan soal relasi dan fungsi berdasarkan langkah polya sehingga terdapat perbedaan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | CIKAL YUDHISTIRA LIASA |
Date Deposited: | 19 Feb 2021 06:53 |
Last Modified: | 19 Feb 2021 06:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16445 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |