STRATEGI GURU MENSTIMULASI APRESIASI PESERTA DIDIK TERHADAP LAGU-LAGU DAERAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR

Wahyuningsih, Yeni (2021) STRATEGI GURU MENSTIMULASI APRESIASI PESERTA DIDIK TERHADAP LAGU-LAGU DAERAH DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS ONLINE DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER REPOSITORY-dikonversi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih, Yeni. 2021, “Strategi Guru Menstimulasi Apresiasi Peserta Didik Terhadap Lagu-Lagu Daerah Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online Disekolah Dasar”. Skripsi. Program studi pendidikan guru sekolah dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli M.Pd., (II) Silvina Noviyanti S.Pd., M.Pd. Kata kunci : Strategi Guru, Apresiasi Lagu Daerah, Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Online Pelaksanaan pembelajaran saat ini dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan oleh guru dalam menstimulasi apresiasi peserta didik terhadap lagu-lagu daerah dalam pembelajaran jarak jauh berbais online di sekolah Dasar melalui muatan pembelajaran Mulok. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/1 Muara Bulian pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan jenis pendekatan fenomenologi, teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti. Dengan melakukan pengamatan secara langsung dan secara tidak langsung dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan strategi dalam menstimulasi apresiasi peserta didik terhadap lagu-lagu daerah disekolah dasar. Adapun bentuk strategi yang digunakan diantaranya : 1) prainstruksional dengan indikator mengenalkan lagu-lagu daerah, 2) instruksional atau proses pembelajaran inti dengan indikator mengenal dan menghargai terhadap lagu-lagu daerah, 3) umpan balik dan pengayaan dengan adanya evaluasi terhadap pembelajaran yang berlangsung dengan mengenal dan menghargai terhadap lagu-lagu daerah, refleksi, rangkuman hingga pesan moral mengenai covid-19 dan penutup. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru hendaknya mampu melaksanakan kegiatan apresiasi terhadap lagu-lagu daerah dengan praktik secara langsung maupun secara online, mampu membuat peserta didik dapat menghargai, menilai dan mengenal lagu-lagu daerah melalui muatan pembelajaran mulok dengan adanya rancangan pembelajaran mengenai budaya daerah Jambi melalui kegiatan bernyanyi, menuliskan makna lagu dan mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam lagu pada kehidupan. Dengan demikian peserta didik mampu menumbuhkan karakter Nasionalis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YENI WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 23 Feb 2021 01:27
Last Modified: 23 Feb 2021 01:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16464

Actions (login required)

View Item View Item