Wulandari, Khusna (2021) Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Masa Pandemi di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf Download (443kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
Abstract
ABSTRAK Wulandari, Khusna. 2021. Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Masa Pandemi di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Maryono, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag., Kata kunci: Strategi guru, Keterampilan komunikasi, Masa pandemi Salah-satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik untuk menjawab tantangan abad 21 yakni communicative. Keterampilan komunikasi menempati urutan pertama dalam kemampuan softskill yang harus dimiliki seseorang. Kendati dalam pelaksanaan pembelajaran sekarang ini masih terkendala dengan adanya virus covid-19, keterampilan komunikasi harus tetap diterapkan pada pembelajaran. Pada pelaksanaannya, peserta didik masih ada yang kurang berani dan percaya diri dalam menyampaikan gagasan lisan dan masih terdapat kesalahan dalam penulisan maupun kosa kata bahasa yang digunakan, Untuk itu, dibutuhkan strategi yang tepat dalam mengembangkan keterampilan komunikasi pada masa pandemi Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No 64/I Muara Bulian pada Januari 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi, Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas VA. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran masa pandemi disekolah dasar adalah dengan melaksanakan perencanan pembelajaran yang meliputi merancang RPP, membuat jadwal pelajaran dan menyiapkan media pembelajaran. Untuk bagian pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan berbagai macam metode dan strategi pada setiap kegiatan. Kegiatan keterampilan komunikasi peserta didik meliputi kegiatan menyampaikan gagasan secara lisan maupun tulisan, dapat membuat dan melaporkan hasil percobaan, komunikasi untuk memecahkan masalah dan menyampaikan informasi dalam bentuk gambar. Evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan membahas kembali hasil percobaan yang dilakukan oleh peserta didik melalui video pembelajaran. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini diketahui bahwa Strategi Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Masa Pandemi di Sekolah Dasar dapat dilihat dari berbagai strategi yang dilakukan oleh guru, dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | KHUSNA WULANDARI |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 01:36 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 01:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |