Sulastri, Anni (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor sebaya (Peer Tutoring) Terhadap hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMAN 6 BUNGO Tahun 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER (pdf.io).pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB V (pdf.io).pdf Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan belum mencapai rata-rata kriteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan masih kurang efektif, menyebabkan aktivitas belajar yang tidak aktif dan monoton sehingga berdampak pada ketidak tercapaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo. 2) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo. 3) Perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen, yang dilakukan terhadap dua kelas sampel dengan memberikan perlakuan yang berbeda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo, dengan memberikan pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,00172. Dengan nilai thitung < -ttabel (-7,968 < -2,00172). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,00172. Dengan nilai thitung < -ttabel (-5,0391 < -2,00172). 3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Bungo. Ini dapat dibuktikan dengan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikan 0,05 adalah 2,00172. Dengan nilai thitung > ttabel (2,649 > 2,00172).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ANNI SULASTRI |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 02:17 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16531 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |