STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN AKTIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR

Rani, Ade Rasephiawi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN PEMBELAJARAN AKTIF PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI ADE RASEPHIAWI RANI (A1D117194).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (305kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (807kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (570kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (486kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (591kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB)

Abstract

ABSTRAK Rani, Ade Rasephiawi. 2021. “Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Aktif pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd.I., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Aktif, Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi covid-19 di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 111/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil Observasi selama proses pembelajaran, wawancara serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Sumber data pada penelitian ini ialah guru kelas IV sebagai sumber data mengenai strategi guru dalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi Covid-19. Uji validasi data pada penelitian ini adalah triangualisi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa didalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi covid-19 guru menggunakan strategi pada proses pembelajarannya. Pembelajaran aktif yang dilaksanakan oleh guru pada saat pandemi telah terlihat saat proses pembelajaran yang dilaksanakan dikelas IV. didalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi covid-19 adapun pembelajaran yang dilaksanakan guru meliputi: pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran menekankan pada penemuan, pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran memberdayakan indra dan potensi peserta didik, menggunakan metode pembelajaran, menggunakan media pembelajaran, pembelajaran disesuaikan dengan pengetahuan yang dimiliki peserta didik, dan pelaksanaan penilaian didalam pembelajaran Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat strategi yang digunakan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi covid-19 yang dilaksanaka pada pelaksanaan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan agar guru lebih memaksimalkan penggunaan strategi-strategi dalam mengembangkan pembelajaran aktif pada masa pandemi Covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ADE RASEPHIAWI RANI
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:44
Last Modified: 02 Mar 2021 02:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16568

Actions (login required)

View Item View Item