Kartikawati, Juni (2021) PENGARUH KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMAN 6 TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (324kB) |
![]() |
Text
4. Doc2 pengesahan.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
10. BAB I.pdf Download (166kB) |
![]() |
Text
14. BAB V.pdf Download (77kB) |
Abstract
Kartikawati, Juni. 2021. Pengaruh Kecemasan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMAN 6 Tanjung Jabung Barat: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Sufri, M.Si (II) Drs. Gugun M. Simatupang, M.Si Kata Kunci : Analisi Regresi, Kecemasan Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Gaya mengajar guru yang monoton sehingga menimbulkan kesan membosankan atau bahkan penyampaian materi dari guru yang kurang dapat dipahami sehingga menambah rasa cemas siswa terhadap matematika, perasaan cemas ini berdampak terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Siswa hanya mendengar, mencatat penjelasan guru kemudian mengerjakan soal. Pertanyaan, gagasan, dan pendapat dari siswa masih jarang muncul. Hal ini menunjukan bahwa rendahnya motivasi ekstrinsik siswa dalam belajar dapat mempengaruhi hasil belajar belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMAN 6 Tanjung Jabung Barat. Metode penelitian ini adalah metode penelitia mixed methods. Model mixed methods yang digunakan pada penelitian ini yaitu model sequential dengan menggunakan pendekatan explanatory, yaitu data dan analisis kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap ke dua, guna memperkuat hasil penelitian kuantitatif yang dilakukan pada tahap pertama. Penelitian ini dilaksanakan di semester ganjil pada bulan september tahun ajaran 2020/2021 , adapun pelaksanaan penelitian dilaksanakan dikelas XI IIS 1 dan XI IIS 2 SMA Negeri 6 Tanjung Jabung Barat. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang significant antara kecemasan dan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika kelas XI IIS 1, didapat persamaan regresi Y ̂=51.39+0,07X_1+0.17X_2 sehingga didapat pengaruh kecemasan dan motivasi secara bersama-sama sekitar 26% sedangkan selebihnya yaitu sebesar 74% ditentukan oleh variabel lain diluar variabel penelitian. Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan dan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika kelas XI IIS 2, didapat persamaan regresi Y ̂=38,15+0,08X_1+0.32X_2 sehingga didapat pengaruh kecemasan dan motivasi secara bersama-sama dengan pengaruh sekitar 44% sedangkan selebihnya yaitu sebesar 56 % ditentukan oleh variabel lain diluar variabel penelitian. sehingga dapat disimpulkan bahwa kecemasan belajar matematika dan motivasi belajar matematika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | JUNI KARTIKAWATI |
Date Deposited: | 02 Mar 2021 02:12 |
Last Modified: | 02 Mar 2021 02:12 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16572 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |