PENGARUH TINGKAT KEMATANGAN EMOSI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI

Jhesita, Novicha (2021) PENGARUH TINGKAT KEMATANGAN EMOSI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI NOVICHA JHESITA (A1E116088).pdf

Download (5MB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (153kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
1. COVER%2C DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (306kB)
[img] Text
1. COVER%2C DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh Tingkat Kematangan Emosi Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di SMP Negeri 17 Kota Jambi Nama : Novicha Jhesita NIM : A1E116088 Dosen Pembimbing I : Dr. Akmal Sutja., M.Pd Dosen Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda S.Psi.,M.Pd Proses belajar mengajar siswa dipengaruhi oleh beberapa aspek diantaranya kesiapan fisik, intelegensi, bahasa, sosial, dan emosi. Tingkat kematangan emosi yang baik dapat mempengaruhi kreativitas siswa dalam belajar. setiap siswa memiliki potensi kreatif, hanya saja pada setiap proses kehidupan tidak semua siswa memiliki kesempatan serta tidak menemukan lingkungan yang memfasilitasi potensi kreatifnya. Untuk mengembangkan potensi kreatif dalam diri siswa maka diperlukan kestabilan emosi serta pemahaman yang baik dalam memahami materi pembelajaranMaka dari itu, hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh tingkat kematangan emosi terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Kuantitatif dengan menggunakan metode expost fakto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 17 Kota Jambi yang berjumlah 338 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Randome Sampling dengan jumlah sampel yang didapat dalam penelitian ini adalah sebanyak 78 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket. Untuk mengetahui ketepatan dan kesahian instrumen penelitian maka dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, serta analisis regresi sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang positif antara tingkat kematangan emosi terhadap kreativitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Jambi dilihat dari hasil tabel Coeffisients diketahui nilai sig asimtotik berada pada 0,000 < 0,05. Dapat dilihat nilai t hitung sebesar 8,728 lebih besar dari nilai t tabel 0,2227 (8,728 > 0,2227). Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima dan diketahui nilai t hitung sebesar 8,728 bersifat positif. Pengujian akhir analisis regresi dengan nilai determinasi sebesar 0,501 atau 50,1% dengan kategori tinggi atau kuat Kata Kunci : Tingkat kematangan emosi, kreativitas belajar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Novicha Jhesita
Date Deposited: 03 Mar 2021 04:50
Last Modified: 03 Mar 2021 04:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item