Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Indikator Berpikir Kritis pada SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021

agustina, elvina (2021) Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Indikator Berpikir Kritis pada SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover JUDUL-dikonversi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
persetujuan pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK-dikonversi 1.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (33kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Agustina, Elvina. 2021. Mengonstruksi Rancangan Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Menggunakan Indikator Berpikir Kritis pada SMP Negeri 7 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2020/2021: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum., Pembimbing (II) Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata kunci: Rancangan Pembelajaran, indikator berpikir kritis, teks eksplanasi Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Muaro Jambi pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru mengonstruksi rancangan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan indikator berpikir kritis. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualittatif, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui cara wawancara bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan observasi atau pengamatan terhadap rancangan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif, yaitu data disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan pada RPP tidak semua komponen dituliskan oleh guru. Indikator berpikir kritis banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, tidak semua indikator berpikir kritis digunakan, karena saat observasi ada beberapa indikator berpikir kritis yang tidak digunakan, antara lain: pada aspek membangun ketarmpilan dasar, indikator yang tidak dikembangkan adalah menyesuaikan dengan sumber. Pada aspek menyimpulkan , indikator yang tidak dikembangkan oleh guru adalah membuat dan mempertimbangkan nilai keputusan. Pada aspek menyusun strategi dan taktik, indikator yang tidak dikembangkan adalah berinteraksi dengan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa guru telah membuat rancangan pembelajaran menggunakan indikator berpikir kritis. RPP yang dibuat sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016. Dari hasil observasi,ditemukan bahwa guru bahasa Indonesia SMP Negeri 7 Muaro Jambi telah mengonstruksi rancangan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan indikator berpikir kritis pada setiap kegiatan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ELVINA AGUSTINA
Date Deposited: 05 Mar 2021 03:59
Last Modified: 05 Mar 2021 03:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16614

Actions (login required)

View Item View Item