PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IX Pi 2 BUKHARA SMP IT ASH-SHIDDIIQI ISLAMIC BOARDING SCHOOL

Handayani, Soniya (2021) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS IX Pi 2 BUKHARA SMP IT ASH-SHIDDIIQI ISLAMIC BOARDING SCHOOL. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi Soniya handayani, Nim A1A316009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

ABSTRAK Handayani, Soniya, 2021. Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di Kelas IX Pi 2 Bukhara SMP IT Ash-Shidiiqi Islamic Boarding School. Pembimbing (I) Drs. Irzal Anderson, M. Si (II) Dona Sariani, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Model Kooperatif, Think Pair Share, Partisipasi Siswa. Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya partisipasi siswa, selain itu ditemukan fakta guru menggunakan metode pembelajaran yang biasa diterapkan di dalam kelas adalah pembelajaran konvensional yang cendrung meminimalkan keterlibatan siswa dan guru lebih aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan partisipasi siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas IX Pi 2 Bukhara SMP IT Ash-Shidiiqi Islamic Boarding School. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 3 siklus atau 6 (enam) kali pertemuan dengan penelitian model spiral Kemmis & Taggrat. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 (empat) komponen, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMP IT Ash-Shidiiqi Islamic Boarding School. Subjek penelitian ini adalah 29 siswa kelas IX Pi 2 Bukhara. Teknik data yang diambil adalah lembar observasi dan dokumentasi. Sedangkan Instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi partisipasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan partisipasi siswa. Kriteria keberhasilan ini adalah 75% atau lebih dari rentang persentase 100%. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I sebelum menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share partisipasi siswa hanya berada pada 45,9% dalam kategori rendah, setelah menerapkan model tersebut pada akhir siklus I persentase partisipasi siswa meningkat menjadi 60,5% dalam kategori cukup. Pada siklus II persentase partisipasi siswa meningkat lagi menjadi 65,8% dalam kategori baik, namun belum mencapai target yang diinginkan dan pada siklus III partisipasi siswa naik dari siklus II yaitu mencapai 79,1% dalam kategori baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di SMP IT Ash-Shidiiqi Islamic Boarding School dapat meningkatkan partisipasi siswa kela IX Pi 2 Bukhara pada mata pelajaran PPKn setelah diterapkan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SONIYA HANDAYANI
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:44
Last Modified: 08 Mar 2021 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16721

Actions (login required)

View Item View Item