Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Berdasarkan Gender di SMPN 22 Kota Jambi

Arifin, Bustanil (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Berdasarkan Gender di SMPN 22 Kota Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (207kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR ISI1.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)

Abstract

Arifin, Bustanil. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Segitiga Berdasarkan Gender di SMPN 22 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Nizlel Huda, M.Kes., (II) Dr. Mujahidawati, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Gender Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematika siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep segitiga berdasarkan gender di SMPN 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian dari kelas VIIIB SMPN 22 Kota Jambi yang terdiri dari dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang dikategorikan memiliki kemampuan matematika yang relatif sama berdasarkan nilai ulangan harian tinggi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dikerjakan dengan think aloud dan lembar wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Untuk mnguji keabsahan data digunakan triangulasi metode dengan membandingkan hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa laki-laki belum memenuhi indikator indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu dengan konsep dan indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep dimana siswa laki-laki tidak menuliskan informasi dari soal yaitu yang diketahui dan ditanya pada soal, kemudian siswa laki-laki tidak meyebutkan unsur-unsur segitiga dengan benar, dan tidak menjelaskan kenapa gambar tersebut tidak membentuk segitiga. Sedangkan siswa perempuan sudah memenuhi setiap indikator kemampuan pemahaman konsep.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: BUSTANIL ARIFIN
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:29
Last Modified: 08 Mar 2021 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16728

Actions (login required)

View Item View Item