Pratama, Widian (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring pada Kegiatan Belajar Mengajar Praktik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ARTIKEL WIDIAN PRATAMA.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (490kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WIDIAN PRATAMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (978kB) |
Abstract
Pratama, Widian. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring pada Kegiatan Belajar Mengajar Praktik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh: Skripsi, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Boy Indrayana, S.Pd., M.Pd. (II) Anggel Hardi Yanto, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Efektivitas, Daring, Praktik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Sungai Penuh pada desember 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket online menggunakan Goggle Formulir kepada siswa. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendahnya efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai penuh. Hal ini terlihat dari hasil penelitian yang dijelaskan dalam beberapa indikator yaitu indikator akses internet dengan jumlah persentase sebesar 48,5%. Kemudian, pada indikator pemahaman materi dalam pembelajaran daring sebesar 47,5%. Selanjutnya pada indikator keefektifan dalam pembelajaran daring sebesar 48,1%. Kemudian pada indikator implementasi pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik sebesar 46,6%. Dari keempat indikator yang telah dijelaskan diatas dapat diambil nilai rata-rata sebesar 47,7%, dari persentase tersebut disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP N 4 Sungai Penuh tergolong rendah. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani secara daring. Di samping itu, guru sebagai pemegang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar, penggunaan media, dan memvariasikan strategi yang tepat dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran daring pada kegiatan belajar mengajar praktik kedepannya dapat lebih baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? POK ?? |
Depositing User: | WIDIAN PRATAMA |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 02:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |