STRATEGI GURU DALAM M ENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rosiana, Ida and Hariandi, Ahmad and SHOLEH, MUHAMMAD (2021) STRATEGI GURU DALAM M ENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (54kB)

Abstract

Rosiana. 2021. Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta Didik di Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag, Pembimbing (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik di sekolah dasar pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini dilakukan di kelas VA di SD Negeri 55/I Sridadi Semester genap Tahun Ajaran 2020/2021 pada 5 Januari sampai 5 Februari 2021. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan karakter religius peserta didik di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 sudah terlaksana dilihat dengan peserta didik yang memiliki karakter religius pada dirinya, yaitu beribadah melaksanakan ajaran agama, berperilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan toleransi dalam beribadah. Strategi dalam menanamkan karakter religius yaitu dengan perencanaan penanaman karakter, pelaksanaan penanaman karakter dan evaluasi penanaman karakter. Perencanaan penanaman karakter religius dimulai dengan pembuatan RPP, buku jurnal sikap dan rekap nilai sosial, rapat guru dengan orangtua peserta didik, buku kegiatan sehari-hari dan buku kegiatan religius. Pelaksanaan penanaman karakter religius dilakukan dalam kegiatan pembelajaran, penguatan, keteladanan dan pembiasaan. Evaluasi penanaman karakter religius meliputi penilaian jurnal kegiatan sikap dan rekap nilai sosial, buku kegiatan religius, dan buku kegiatan sehari-hari. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi dalam menanamkan karakter religius kepada peserta didik di sekolah dasar pada masa pandemi covid-19 yang dilihat melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penanaman karakter religius menciptakan peserta didik yang berkarakter religiu

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: IDA ROSIANA
Date Deposited: 15 Mar 2021 03:01
Last Modified: 15 Mar 2021 03:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

View Item View Item